Permainan dan aplikasi online adalah kata kunci yang paling banyak dicari melalui Yahoo! Indonesia sepanjang tahun 2010. Game online menempati tiga besar diikuti oleh layanan micro-blogging dan blogging.


  1. FarmVille adalah sebuah permainan simulasi online yang dikembangkan oleh Zynga, tersedia sebagai aplikasi di Facebook maupun sebagai App pada iPhone dan Android. Permainan ini memungkinkan pengguna Facebook mengelola sebuah lahan pertanian virtual dengan menanam, menumbuhkan, dan memanen tanaman dan pohon virtual serta memelihara ternak virtual. Jumlah pengguna FarmVille sempat mencapai angka 81.125.786. Saking populernya, DreamWorks malah sempat mempromosikan film teranyarnya, Megamind, melalui game ini. Boleh dibilang, FarmVille adalah rajanya game online.
  2. Point Blank adalah game taktis perang online yang dikembangkan oleh Zepetto, diedarkan antara lain di Korea Selatan oleh NCSoft, Thailand (NCTrue), Indonesia PT Kreon, Rusia (INNOVA). Game perang orang per orang atau kelompok ini (mirip Counter-Strike) harus didownload dulu lalu diinstal di komputer sendiri. Jika Anda pengunjung setia warung internet (warnet), Anda akan menemukan betapa asyiknya para penggemar Po
  3. Plurk adalah salah satu layanan mikroblog yang lebih populer di Asia (khususnya Taiwan, Philippines, Indonesia) ketimbang di negeri asalnya, Amerika Serikat. Layanannya kurang lebih sama dengan Twitter, yakni berupa status update --termasuk berbagi tautan, hanya saja time-linenya secara visual lebih menarik. Yang juga menarik, Plurk menawarkan sistem reward yang disebut Karma. Jumlah Karma Anda akan terus bertambah tergantung interaksi yang Anda lakukan dengan komunitas Plurk lainnya. Belum lagi sejumlah badge yang bisa dikumpulkan, membuat Plurk terkesan lebih mengasyikkan.
  4. Zynga Poker. Setidaknya 6 juta orang menggunakan Zynga Poker setiap hari, khususnya setelah diluncurkan sebagai aplikasi di Facebook. Dikembangkan oleh Zynga --produsen game sosial yang juga menciptakan Farmville-- game ini juga hadir di perangkat bergerak seperti iPhone dan Android. Seperti namanya, permainan ini menguji kemahiran Anda dalam memainkan kartu poker. Seiring dengan kepopuleran Zynga Poker, juga tersebar banyak situs yang menayangkan kode-kode rahasia (cheat) untuk memenangkan permainan tanpa harus berusaha dan berpikir keras
  5. Plurk adalah salah satu layanan mikroblog yang lebih populer di Asia (khususnya Taiwan, Philippines, Indonesia) ketimbang di negeri asalnya, Amerika Serikat. Layanannya kurang lebih sama dengan Twitter, yakni berupa status update --termasuk berbagi tautan, hanya saja time-linenya secara visual lebih menarik. Yang juga menarik, Plurk menawarkan sistem reward yang disebut Karma. Jumlah Karma Anda akan terus bertambah tergantung interaksi yang Anda lakukan dengan komunitas Plurk lainnya. Belum lagi sejumlah badge yang bisa dikumpulkan, membuat Plurk terkesan lebih mengasyikkan.
  6. WordPress adalah salah satu platform ngeblog yang sangat populer. Dikembangkan berdasarkan prinsip kode terbuka (open source), WordPress digemari para blogger karena kemudahan kustomisasi dan fleksibilitasnya. Tidak hanya individual, banyak lembaga dan korporat pun yang menggunakan platform untuk membuat situs web resmi mereka. Pengguna bisa menggunakan layanan gratis WordPress, termasuk jika ingin menggunakan hosting sendiri.Pertama kali dirilis oleh Matt Mullenweg dan hingga Agustus 2010, version 3.0-nya sudah diunduh lebih dari 12,5 juta kali. WordPress juga telah merilis versi mobile mereka untuk iPhone, Android dan Nokia sehingga memudahkan siapa saja untuk tetap bisa ngeblog dari mana saja.
  7. Mozilla Firefox adalah browser web kode terbuka yang dikelola oleh Mozilla Corporation. Hingga Oktober 2010, Firefox adalah browser web terpopuler kedua, dipakai oleh 30 persen dari total pengguna browser di dunia. Firefox bisa dijalankan di berbagai sistem operasi antara lain Microsoft Windows, GNU/Linux, Mac OS X dan FreeBSD.Di Indonesia sendiri, Firefox sangat populer, hingga para eksekutif perusahaan sering bolak-balik ke Indonesia untuk bertemu dengan komunitas Firefox yang semakin membesar.
  8. Meebo adalah program pesan instan (instant messaging) yang mendukung berbagai layanan IM seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, AIM, ICQ, MySpaceIM, Facebook Chat, Jabber/XMPP, Google Talk, Myyearbook IM dan fanpop chat. Meebo dikembangkan pertama kali-ada  September 2005 oleh Sandy Jen, Seth Sternberg dan Elaine Wherry, dan bermarkas di Mountain View, California.Tak salah lagi, pesan instan adalah aktivitas yang sangat populer di kalangan pengguna Internet, baik desktop maupun mobile. Meebo berusaha mengakomodasi berbagai layanan pesan instan yang ada dan menaruhnya di satu tempat sehingga memudahkan para pengguna untuk tetap terhubung dengan teman-temannya yang lain.
  9. Mivo.TV adalah salah satu situs TV online yang populer di Indonesia yang menayangkan berbagai program gratis sejak 7 Agustus 2007. Pengguna juga bisa mengunggah video karyanya sendiri. Dikelola oleh Imediabiz Pty Ltd yang merupakan perusahaan global yang juga berbasis di Sydney, Vancouver dan Jakarta.Dengan makin majunya teknologi bergerak dan makin luasnya penggunaan telepon pintar yang juga memiliki fasilitas merekam video, layanan seperti Mivo TV tidak akan kesulitan menjaring karya-karya video dari komunitasnya.
  10. Pada awalnya Multiply adalah layanan jejaring sosial yang memungkinkan para penggunanya berbagi media seperti foto, video dan blog dengan jaringan terdekatnya. Dalam perkembangannya, pengguna Multiply juga bisa berjualan dan berbelanja online di situs tersebut. Perubahan orientasi Multiply ini bisa dipahami mengingat rivalnya di jejaring sosial sudah terlalu banyak dan berat, sementara ceruk layanan berbasis e-commerce masih sangat besar khususnya di negara seperti di Indonesia.
  11. Sebagai turunan dari versi komputer, Opera Mini adalah browser web yang didesain khusus untuk telepon seluler dan perangkat genggam lainnya. Opera Mini dimulai sebagai "pilot project" pada tahun 2005 dan baru diluncurkan secara global pada 24 January 2006. Opera mini disukai oleh pengguna telepon bergerak karena browser ini tidak membutuhkan bandwidth yang besar sehingga bisa menghemat pulsa dan data penggunanya. Antarmukanya yang dokumentatif, yang memudahkan orang membuka situs-situs yang sudah dikunjungi sebelumnya, menjadi daya tarik tersendiri.



date
comments
Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "